9 hal yang harus diperhatikan dalam membeli Analytical balance

Posted by & filed under .

Analytical balance dalam bahasa indonesia timbangan analitik adalah salah satu instrument alat alat laboratorium yang paling banyak digunakan di laboratorium. Ketika berbicara tentang analytical balance , kebanyakan orang akan mengingat sartorius balance atau o haus balance. Tetapi, jika kita berbicara tentang timbangan, maka kebanyakan orang akan berfikir tentang timbangan AND dan Timbangan Digital. Merek atau Brand  Analytical balance yang banyak digunakan di indonesia antara lain : Mettler Toledo, Sartorius ( ex jerman )  O Hauss, AND, Kern, Shimadzu, Precise dan banyak merek merek baru lainnya.

Mengingat pentingnya kegunaan dan fungsi analytical balance di Laboratorium, kami akan share tentang :

9 hal yang harus diperhatikan ketika membeli analytical balance.

1. Tentukan kapasitas, berat maksimal  dan  berat minimal  yang kita inginkan.

Pertama kali yang perlu diperhatikan adalah berat minmal dan berat maksimal yang akan kita gunakan. Untuk itu sebaiknya kita riset dulu dari SOP rencana analisa yang akan kita lakukan, lalu tentukan berat minimal dan berat maksimal yang kita inginkan. Bicarakan hal tersebut ke vendor anda sehingga mereka bisa memilihhkan jenis analytical balance yang sesuai permintaan anda.

2. Ketelitian / Readibility, serta akurasi

Dari spesifikasi yang diberikan, via brochure atau penawaran, perhatikan dan bandingkan ketelitian, dan akurasi dari masing masing jenis timbangan. Gunakan timbangan dari type yang sejenis dengan ketelitian dan akurasi yang lebih baik.

3. After Sales Services

Lihat berapa garansi purna jual yang diberikan oleh vendor (biasanyanya ada di brosur) dan tanyakan kepada vendor anda berapa garansi yang akan diberikan. Kadang kadang terdapat perbedaan antara garansi yang diberikan oleh principal atau vendor dengan garansi yang diberikan oleh sole agent , agent , distributor atau supplier.

4. Kalibrasi

Tanyakan apakah harga pembelian sudah termasuk kalibrasi awal. Perlu juga ditanyakan apakah kalibrasi analytical balance bisa dilakukan oleh supplier atau rekanan tempat kita membeli. Jika tidak kumpulkan informasi tentang tempat dan harga kalibrasi , sehingga anda bisa memilih tempat pelayanan jasa kalibrasi yang paling dekat, dengan harga yang paling kompetitive.

5. Jaminan Spare Part

Selain garansi purna jual, perlu juga ditanyakan berapa lama ketersedian spare part dari type yang akan kita beli. Lama ketersediaan spare part biasanya berbeda antara vendor satu dengan vendor lainnya.

6. Guideline Trouble Shooting.

Guideline ini diperlukan agar user dapat melakukan tindakan pertama jika terjadi sesuatu pada analytical balannya. Pada banyak kasus tidak mudah meminta teknisi alat untuk datang pada hari itu juga.

7. Kualifikasi Instalasi , kualifikasi Operational dan Kualifikasi Performa / Kinerja .

KUALIFIKASI adalah segala kegiatan pembuktian dan pendokumentasian bahwa sebuah sistem dan atau alat, sudah terpasang dengan benar dan berfungsi secara benar sesuai dengan kriteria  yang ditetapkan atau keinginan pemakai.

Kualifikasi Instalasi (IQ) adalah Verifikasi tertulis bahwa instrumen dan sistem memenuhi desain yang diinginkan dan diinstalasi dengan benar.

Kualifikasi Operasional (OQ) adalah Verifikasi tertulis bahwa instrumen dan sistem bekerja sesuai spesifikasi desain / permintaan pemakai

Kualifikasi Kinerja (PQ) adalah Verifikasi tertulis bahwa instrumen dan sistem pendukungnya yang terhubung satu sama lain dapat bekerja efektif dan berulang berdasarkan proses / metode / spesifikasi yang telah disetujui

Pemastian pemenuhan dan pembuatan IQ (Installation Qualification), OQ (Operational Qualification) dan PQ (Performance Qualification) adalah syarat yang sekarang diminta oleh banyak perusahaan. Jika perusahaan anda meminta ini sebagai syarat utama, pastikan rekanan ada dapat membuatkan dan melaksanakannya untuk anda.

8. Bentuk pinggan

Bentuk pinggan akan mempengaruhi kemudahan dan kenyamanan dalam menaruh sample di dalam analytical balance.

9. Harga.

Untuk membandingkan harga perlu diperhatikan beberapa hal, misalnya kapasitas dan negara asal. Sangat tidak fair membandingkan harga analytical balance kapasitas 120 g dengan 220 gr. Dan sangat tidak fair jika kita membandingkan harga analytical balance dari jerman ( Metteler toledo, Sartorius ) dengan harga analytical balance dari negara lain ( Amerika, swedia ) atau dari China. Cari paduan yang bagus antar kualitas dan harga, misalnya seperti Analytical balance dari O Hauss PAJ 1003.

Demikianlah, artikel yang kami bisa share tentang hal hal yang perlu anda perhatikan ketika membeli analytical balance, jika ada informasi lain yang dibutuhkan silahkan hubungi kami di 0852-6727-7949 atau e-mail ke sales@AlatAlatLaboratorium.com.

Anda juga bisa mengunjungi Toko Online Alat Laboratorium kami di www.AlatAlatLaboratorium.com

Mail List Subscription Form

Silahkan isikan formulir di bawah ini untuk berlangganan di mailing list kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>